7+ Investasi Pilihan Untuk Pekerja Gaji Pas-Pasan

investasi pilihan untuk pekerja

Apakah Anda seorang pekerja dengan gaji pas-pasan? Perlu diketahui, investasi bukan hanya untuk mereka yang kaya. Bagi siapa pun, investasi penting untuk masa depan keuangan lebih baik.


Baca Juga : 9 Pekerjaan Sampingan Online yang Cuan Jutaan dari Rumah


Investasi membantu meningkatkan penghasilan Anda. Ia juga membantu mencapai tujuan keuangan jangka panjang. Jadi, untuk Anda yang berpenghasilan terbatas pun, berinvestasilah.

Pentingnya Investasi Bagi Pekerja Berpenghasilan Terbatas


Investasi merupakan cara cerdas untuk meningkatkan kekayaan. Melalui investasi, pekerja bisa gunakan waktu dan uang mereka untuk hasil yang lebih baik. Ini lebih baik daripada hanya menabung uang di bank. 


Investasi juga melindungi nilai aset dari turunnya daya beli karena inflasi.

Mengapa Investasi Itu Penting?

Investasi bisa membantu pekerja mencapai tujuan keuangan jangka panjang mereka. Dengan berinvestasi, pekerja bisa:

  • Memaksimalkan potensi penghasilan: Berinvestasi bisa tambah penghasilan pekerja, dari pertumbuhan aset mereka.
  • Melindungi nilai aset: Mencegah nilai uang turun karena inflasi. Investasi jangka panjang bisa tingkatkan nilai aset seiring waktu.
  • Mencapai kebebasan finansial: Investasi cerdas bisa bantu membangun kekayaan untuk masa depan yang bebas finansial.

Investasi juga bisa ajarkan pekerja berpenghasilan terbatas untuk memiliki pengetahuan finansial lebih luas. Ini lakukan sambil menciptakan sikap yang aktif dalam mengelola uang pribadi mereka.

Strategi Mengatur Keuangan dengan Penghasilan Pas-pasan

Buat strategi keuangan cerdas sangat krusial bagi mereka dengan penghasilan terbatas. Beberapa tips penting termasuk:

  1. Membuat anggaran: Daftar sumber dan pengeluaran uang bulanan. Ini bantu lihat keuangan lebih jelas dan alokasikan lebih untuk investasi dengan cara hilangkan pengeluaran yang tidak perlu.
  2. Menabung secara berkala: Bayar sebagian gaji untuk tabungan. Ini penting untuk dana darurat dan modal investasi awal.
  3. Mengurangi utang: Utang perlu difokus bayar, agar beban keuangan tidak berat.

Pilihan Investasi yang Dapat Dimulai dengan Modal Kecil

Meski gaji terbatas, pekerja masih bisa mulai beberapa pilihan investasi dengan modal kecil. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Investasi saham online: Buka akun perkiraan online dan mulai beli saham dengan modal kecil. Riset dan ikuti pasar untuk keuntungan yang baik.
  2. Reksa dana: Cocok untuk pemula. Beli unit reksa dana dengan modal terjangkau dan nikmati hasil pertumbuhan manajer investasi.
  3. Peer-to-peer lending: Memberikan pinjaman dengan untung dari bunga. Mulai dengan modal kecil.

Jenis investasi ini bisa bantu tambah penghasilan dari modal kecil. Penting lakukan riset matang untuk pahami risiko dan potensi keuntungan.

7+ Investasi Pilihan Untuk Pekerja: Memulai Dari Yang Kecil

1. Emas

investasi emas

Emas dianggap investasi aman dan nilainya stabil. terkhusus kamu wanita dan seorang pekerja pasti suka perhiasan emas jadi kamu bisa manfaatkan sebagai salah satu bentuk investasi karena lebih pasti dan setiap tahun pasti mengalami kenaikan harga emas.


Makin tinggi kadar kemurnian emas semakin tinggi pula nilainya dan buat pria bisa memulai investasi dalam bentuk LM atau kepingin selain investasi kamu bisa gunakan juga sebagai bentuk mahar pernikahan.


Emas juga sangat mudah di dapatkan kamu bisa langsung membeli secara offline di toko emas terdekat di kota kalian atau reservasi online buat yang ingin membeli LM di Antam dan sejenisnya. 

2. Deposito

investasi deposito

Deposito adalah investasi yang aman dimana kita tidak perlu melakukan apapun dan kita akan tetap mendapatkan keuntungan dalam bentuk bunga dari besaran uang yang telah kita deposito ke pihak bank.


Pastikan kamu memilih bank dengan bunga deposito yang tinggi dan bank tersebut sudah di awasi LPS agar uang kalian tetap aman tanpa takut kehilangan. Setiap bank biasanya memiliki sistem pembagian bunga deposito berbeda-beda dalam satu tahunnya.

3. Properti

investasi properti

Investasi di bidang properti tidak banyak menyadarinya sederahananya apabila kamu memiliki sebidang warisan tanah atau rumah dan lokasi strategis dekat perkantoran, kampus dan lainya maka kamu bisa sewakan sebidang tanah/rumah tersebut.


Karena setiap dari WNI berhak memiliki rubah subsidi kamu juga bisa mengajukan perumahan subsidi yang nantinya bisa kamu gunakan sebagai tempat tinggal ataupun kamu kembangkan kembali.

4. Saham

investasi saham

Sebelum berinvestasi di bidang Saham kamu harus siapkan pengetahuan dan mental karena investasi ini akan memberikan keuntungan dan kerugian besar.


Jika kamu berhasil maka bukan tidak mungkin kamu akan meraih keuntungan yang besar dan dapat merubah total kehidupan kalian.

5. Coin Crypto

Investasi Pilihan Untuk Pekerja

Coin Crypto yang sekarang tengah di kenal banyak kalangan anak mudah sebab menawarkan keuntungan yang gila-gilaan selama memiliki fundamental


Naik dan turun harga coin crypto ini sangat tajam berbeda dengan trading saham pastikan lagi kamu siap sebelum terjun kedalam investasi coin crypto.

6. Reksa Dana

investasi reksa dana

Reksa dana menjadi jenis inevstasi yang menawarkan kebebasan dimana kita akan ditemani Manajer Investasi selaku pihak yang mengatur aliran uang kita dengan instrument paling sesuai.


Dalam periode tertentu kita akan mendapatkan keuntungan bunga yang sesuai tanpa takut kehilangan uang sia-sia.

7. Obligasi

investasi obligasi

Obligasi cocok buat kamu yang telah memiliki simpanan uang yang besar karena kamu akan ditawarkan produk berupa surat atau dokumen berharga.


Buat yang mau mencari invetasi dalam jangka Panjang bisa gunakan obligasi.

8. P2P Lending

investasi pilihan untuk pekerja

P2P Lending kamu akan berperan sebagai pemberi pinjaman yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 


Kamu bebas memilih perusahaan atau perorangan untuk mendapatkan pinjaman uang dengan keuntungan berdasarkan kesepakatan. Agar dapat untung yang besar kamu wajib memiliki modal yang besar.

Investasi Keuntungan Utama Risiko Utama
Emas Mempertahankan nilai, perlindungan dari inflasi Fluktuasi harga emas
Deposito Keamanan, hasil tetap Tingkat bunga rendah
Properti Potensi keuntungan jangka panjang Resiko likuiditas, biaya perawatan dan perbaikan
Saham Potensi keuntungan tinggi, partisipasi dalam pertumbuhan perusahaan Fluktuasi harga saham, risiko pasar
Coin Crypto Potensi keuntungan tinggi, fleksibilitas transaksi Volatilitas harga tinggi, risiko keamanan
Reksa Dana Diversifikasi investasi, dikelola oleh ahli keuangan Fluktuasi nilai investasi
Obligasi Imbal hasil tetap, keamanan Risiko gagal bayar
P2P Lending Potensi imbal hasil tinggi, diversifikasi pinjaman Risiko gagal bayar, risiko likuiditas

Investasi Jangka Pendek Untuk Pekerja: Opsi untuk Hasil Cepat

Investasi jangka pendek bisa jadi pilihan tepat untuk pekerja mencari hasil cepat. Misalnya, saat perlu segera membeli atau membayar tagihan. Trading saham adalah salah satu strategi yang populer. 


Dalam trading saham, kita membeli dan menjual dengan tujuan untung dalam waktu singkat. Tapi, trading saham juga berisiko. Penting untuk paham pasar saham dan melakukan riset sebelum berinvestasi.


Investasi dalam mata uang kripto seperti Bitcoin juga menarik untuk jangka pendek. Kita bisa membeli dan menjualnya ketika harga naik. Namun, pasar kripto sangat fluktuatif. 


Maka dari itu, lakukan riset dan pantau pasar terus sebelum menginvestasikan uang.


Ada juga program investasi jangka pendek dari platform investasi online. Program ini biasanya berdurasi pendek, seperti 1 atau 3 bulan. 


Kita memasukkan uang dengan harapan bisa lebih untung daripada di bank. Sebelum ikut program ini, lakukan riset tentang platform dan strategi yang mereka tawarkan.

FAQ

Mengapa investasi penting bagi pekerja dengan gaji pas-pasan?


Investasi sangat penting untuk pekerja dengan penghasilan kecil. Ini membantu mereka menaikkan pendapatan dan mencapai impian finansial jangka panjang. Dengan berinvestasi, uang yang didapat bisa berguna untuk masa depan yang lebih baik.

Mengapa investasi itu penting?


Investasi bantu tingkatkan kekayaan. Menyimpan uang di bank bukan cara terbaik. Investasi juga melawan inflasi dan jaga nilai uang dari merosot.

Bagaimana strategi mengatur keuangan dengan penghasilan pas-pasan?


Menjaga keuangan baik itu penting. Mulai dengan merencanakan pengeluaran dan memilih kebutuhan sebelum keinginan. Kurangi utang dan tambah pemasukan untuk investasi lebih banyak.

Apa saja pilihan investasi yang dapat dimulai dengan modal kecil?


Ada banyak investasi dengan modal kecil. Seperti emas, deposito, saham online, dan obligasi. Setiap pilihan memiliki peluang untung yang berbeda.

Bagaimana cara memulai investasi emas?


Untuk investasi emas, beli emas perhiasan atau online. Program online seperti GrabEmas menawarkan harga lebih murah. Emas investasi bisa disimpan aman.

Apa saja strategi investasi jangka pendek untuk pekerja?


Untuk investasi jangka pendek, coba trading saham atau kripto. Program jangka pendek di platform online bagus juga. Ingat, investasi ini punya risiko besar.


Baca Juga : Lengkap! Cara Buat Kartu Kuning (AK1) Untuk Kerja Terbaru


Apabila masih ada pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar akan kita coba untuk memberikan solusi terbaik. Bagikan artikel dan informasi ini ke mereka yang membutuhkan, terimakasih

LihatTutupKomentar