Gaji Gede! 18 Jenis Pekerjaan Untuk Lulusan SMA/SMK Sederajat

jenis pekerjaan untuk lulusan sma


Fresh Graduate SMA/SMK juga dapat mendapatkan karir dan gaji yang menjanjikan karena di Indonesia sendiri menyediakan berbagai jenis pekerjaan untuk lulusan SMA/SMK sederajat.


Walaupun berijazah SMA/SMK kamu tetap bisa menjadi PNS/ASN, pegawai BUMN dan tentunya Swasta. Pastikan kamu selalu melengkapi berkas yang di minta ketika apply lowongan kerja.

Memahami Pasar Kerja untuk Lulusan SMA/SMK

Bagi lulusan SMA/SMK, penting tahu pasar kerja dan apa yang ditawarkan. Sebagian besar pekerjaan buat mereka ada di sektor non-formal. Contohnya, di bidang transportasi, migas, perbankan, perhotelan, resto, cafe, retail dan lainya.


Agar punya lebih banyak kesempatan, lulusan bisa ikuti pelatihan yang sesuai;

Pasar Kerja untuk Lulusan SMA/SMK

Ada banyak opsi kerja untuk lulusan SMA/SMK selevel. Beberapa sektornya termasuk:

  1. Transportasi
  2. Perbankan
  3. Perhotelan
  4. Migas
  5. Retail
  6. Resto
  7. Cafe
  8. Pemerintahan

Pelatihan dan Networking

Untuk meningkatkan kesempatan, mengikuti pelatihan itu penting. Misalnya, bisa belajar kepemimpinan atau bahasa asing. Ini membantu meningkatkan keterampilan yang diperlukan di dunia kerja.


Membangun hubungan atau networking juga krusial. Bisa lewat mengikuti acara industri, seminar, atau bergabung dengan komunitas. Itu cara efektif untuk kenal dengan lowongan kerja yang belum diumumkan.

Sektor Pekerjaan Peluang Pekerjaan
Transportasi Mengemudi taksi, ojek online, atau angkutan umum
Perbankan Teller atau customer service
Perhotelan Pelayan, resepsionis, atau petugas kebersihan
Retail Kasir atau asisten penjualan
Pemerintahan Staf administrasi atau kasir di institusi publik

18 Jenis Pekerjaan untuk Lulusan SMA/SMK Sederajat

1. Masinis

Latar pendidikan SMA/SMK kamu bisa menjadi masinis di BUMN PT Kereta Api Indonesia dengan tugas utama menjaga keselamatan para penumpang atau menjadi masinis dari kereta barang dan juga bertanggung jawab agar kereta berjalan tepat waktu.


Hal yang mesti kalian jaga adalah kesehatan fisik karena semua perusahaan transportasi sangat fokus pada fisik seperti tubuh ideal, mata tidak minus, tidak ada penyakit lainya.


Gaji masinis dan tunjangan besar dengan status pegawai tetap bisa menjadi pilihan kalian lulusan SMA/SMK untuk mendapat karir yang baik.

2. Teller

Jika kalian berpikir teller di perbankan semuanya lulusan D3/S1 maka kalian salah besar karena dengan program magang atau kriya banyak sekalian perbankan BUMN dan Swasta membuka kesempatan karir bagi lulusan SMA/SMK.


Sebelum apply lowongan kamu harus mempersipakan diri seperti pandai berhitung, berkomunikasi dan memiliki tinggi dan berat badan ideal sesuai kualifikasi dari pihak bank.


Gaji & tunjangan menjadi teller juga sangat  meyakinkan terlebih lagi kamu tetap bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang D3/S1 namun kamu harus bersedia untuk tidak menikah dahulu 1-3th sesuai kebijakan perusahaan setelah di tetapkan menjadi pegawai di posisi ini.

3. Customer Service

Beberapa customer service di perusahaan swasta masih membuka kesempatan buat lulusan SMA/SMK sederajat yang harus kamu siapkan selain pandai dalam berkomunikasi dengan tone yang baik.


Mulailah untuk aktif berkomunikasi dengan orang sekitar dengan bahasa indonesia yang baik dan tingkatkan juga kesbaran kalian karena customer service akan banyak waktu di habiskan dengan para pengunjung.

4. Pramugari/Pramugara

Pramugari/Pramugara juga berlatar pendidikan minimal SMA/SMK sederajat hal yang paling utama selain tinggi dan berat badan ideal kamu juga harus menguasai satu bahasa asing yakni bahasa inggris.


Baik untuk Penerbangan domestik ataupun internasional setiap Pramugari/Pramugara wajib menguasai bahasa inggris dan memiliki jiwa service oriented dengan penuh senyum kepada setiap penumpang.

5. Operator

Kamu bisa menjadi operator di berbagai jenis perusahaan seperti migas, sawit, makanan, minuman, produksi gula dan perusahaan sejenisnya.


Namun untuk menjadi operator dengan status Fresh Graduate kamu wajib mengambil beberapa sertifikat keahlian khusus agar meningkatkan kesempatan kalian dapat di terima kerja.

6. Anak Buah Kapal

Nenek moyang kita seorang pelaut maka kamu mungkin cocok bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) kamu bisa bekerja di kapal penumpang, cargo, penangkap ikan bahkan kapal pesiar baik dalam maupun luar negeri.


Namun kamu harus berstifikasi layak sebagai ABK sudah dapat dipastikan kamu akan mendaatkan banyak sekali benefit dan gaji yang besar tentunya.

7. Mekanik

Kamu yang senang dengan otomotif dan sejenisnya bisa apply menjadi seorang mekanik baik itu kendaraan rota dua ataupun roda empat.


Pekerjaan ini sangat cocok buat lulusan SMK yang telah fokus kejuruan sudah pasti memiliki latar belakang yang relevan.

8. Waiter/Waitress

Pekerjaan paling umum yang kamu kenal buat lulusan SMA/SMK sudah pasti Waiter/Waitress di berbagai cafe dan resto namun ada beberapa resto/cafe yang mampu memberikan gaji dan waktu lebih buat kamu mengembangkan diri.

9. Barista

Menjadi barista atau peracik minuman kopi ataupun non kopi dapat kamu lakukan namun jika berharap karir atau gaji yang tinggi kamu harus lebih meningkatkan skill seperti mengikuti seminar, sertifikasi dan mengenal bahan-bahan minuman lebih dalam lagi.

10. Crew Store

Dengan berkembangnya dunia retail sekarang permintaan tenaga Crew Store semakin meningkat terlebih lagi di perusahaan retail besar seperti indomaret & alfamart.


Karir yang ditawarkan juga cukup bagus dengan ijazah SMA/SMK kamu tidak akan tetap sebagai Crew Store saja namun bisa meningkat ke level management selama mau mengembangkan diri dan terus belajar.

11. Sales Marketing

Kamu yang mengidamkan pekerjaan dengan bonus unlimited bisa mencoba melamar pekerjaan sebagai sales marketing baik di perusahaan otomotif, jasa dan sebagainya.


Semakin tinggi target yang kalian capai semakin besar bonus yang akan kalian terima selama kalian memiliki koneksi yang besar maka kalian bisa bekerja dimana saja selama target pribadi atau tim tercapai.

12. Collector

Collector sama halnya seperti sales marketing dan saling berkaitan jika sales marketing penjualan makan collector penagihan semakin banyak customer yang bermasalah melakukan kewajiban pembayaran maka bonus yang kamu dapat juga semakin besar.

13. Staff Administrasi

Menjadi staff administrasi bisa menjadi pilihan pekerjaan buat kamu yang senang bekerja mengolah data hal utama yang wajib kamu kuasai yakni pengoperasian Microsoft Excel dan sejenisnya.


Secara gaji dan tunjangan mungkin biasa saja namun sistem waktu kerja yang pasti sehingga kamu bisa mengembangkan diri untuk mulai melanjutkan pendidikan atau membuka usaha diluar jam kerja.

14. Cook

Pekerjaan yang cocok buat kamu yang senang di dapur bisa menjadi seoarang cook/koki di cafe/resto pastikan kamu menguasai berbagai resep  dan bumbu masakan maka karir kalian akan meningkat seiring dengan kegemaran orang pada masakan kalian.

15. Helper

Hampir di berabagai posisi membutuhkan pertolongan rekan kerja maka dari itu lulusan SMA/SMK sangat cocok menjadi seorang helper baik di bidang industrik F&B, Pabrikasi hingga migas.

16. Teknisi

Lulusan SMA/SMK juga bisa menjadi teknisi baik itu teknisi di bidang IT, kelistrikan dan sejenisnya untuk masalah gaji dan tunjungan akan meningkat apabila skill kamu terus di tingkatkan dan pengalaman yang tinggi.

17. Kasir/Pramuniaga

Retail menengah ataupun cafe/resto pasti membutuhkan tenaga kerja lulusan SMA/SMK sebagai seorang kasir karena dapat membantu mempermudah pembayaran customer dan mempercepat aliran dana yang masuk.

18. Capster

Caspter atau hari stylist pekerjaan yang dapat membuat kamu dekat dengan banyak orang membantu mereka mendapatkan kepercayaan diri dengan bentuk atau gaya rambut paling sesuai.


Umumnya kamu akan mendapatkan banyak sekali bonus ketika menjelang hari-hari besar seperti hari raya karena semua pria/wanita mau tampil sebaik dan semenarik mungkin.

FAQ

Apa saja jenis pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMA/SMK?


Untuk lulusan SMA/SMK, banyak pekerjaan menarik tersedia. Ini termasuk Masinis, Teller, Customer Service, Pramugari/Pramugara, Operator, Anak Buah Kapal, Mekanik, Waiter/Waitress, Barista, Crew Store, Sales Marketing, Collector, Staff Administrasi, Cook, Helper, Teknisi, Kasir/Pramuniaga &  Capster.

Bagaimana cara memilih pekerjaan yang sesuai setelah lulus SMA/SMK?


Penting untuk memilih pekerjaan yang sesuai minat dan keterampilan Anda. Pertimbangkan juga potensi karier dan gaji. Selain itu, lihat kebutuhan industri saat ini.

Apakah lulusan SMA/SMK dapat bekerja di sektor perbankan?


Ya, lulusan SMA/SMK dapat bekerja di perbankan. Mereka tersedia sebagai teller, customer service, atau operator ATM. Sebagian besar posisi membutuhkan gelar lebih tinggi.

Apakah ada peluang kerja di bidang kreatif untuk lulusan SMA/SMK?


Pasti, ada peluang kreatif untuk lulusan SMA/SMK. Ini termasuk desain grafis, fotografi, dan jurnalistik. Anda juga bisa berkarir sebagai event organizer atau content creator.


Namun, keterampilan dan portofolio yang baik sangat diperlukan.

Apakah lulusan SMA/SMK bisa bekerja di sektor teknologi informasi?


Iya, lulusan SMA/SMK bisa bekerja di teknologi informasi. Mereka bisa menjadi teknisi komputer, asisten programmer, atau help desk. 


Pekerjaan seperti programmer membutuhkan pendidikan lebih lanjut atau pengalaman.

Bagaimana cara meningkatkan peluang kerja setelah lulus SMA/SMK?


Meningkatkan peluang kerja setelah lulus SMA/SMK bisa dengan beberapa cara. Ambil pelatihan di bidang yang Anda suka. Perluas jaringan profesional dan dapatkan sertifikasi relevan.


Asah terus keterampilan, lamar aktif, dan hadapi seleksi dengan baik.


Baca Juga : Daftar 9 Situs Lowongan Kerja Terpercaya untuk Memulai Karirmu


Apabila masih ada pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar akan kita coba untuk memberikan solusi terbaik. Bagikan artikel dan informasi ini ke mereka yang membutuhkan, terimakasih

LihatTutupKomentar